BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 05 Mei 2010

BAB 4

D. Tinjauan Pustaka.

1. Pengertian Hotspot.

Menurut Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, hotspot adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi public seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara.

Ada beberapa jenis HotSpot yang biasa digunakan, yaitu :

1. HotSpot gratis sebagai tambahan pelayanan umum biasanya dioperasikan di hotel, di lobby hotel, di conference room, di coffee shop, atau di cafe.

2. HotSpot yang dibayar langsung ke pemilik gedung, biasanya di ruangan hotel, restoran atau coffe shop.

3. HotSpot berbayar ke operator WiFi HotSpot, misalnya Boingom iPASS.

2. Pengertian Internet.

Istilah internet berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata internet berarti jaringan antara atau penghubung. Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu IP (Internet Protocol).

3. Pengertian Open Source.

Open Source dalam bahasa indonesia adalah source yang terbuka. Open Source Software atau lebih dikenal hanya Open Source adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut.

Menurut situs resmi GNU (GNU's Not Unix) Open Source mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. Tepatnya, mengacu pada empat jenis kebebasan bagi para pengguna perangkat lunak :

1. Kebebasan untuk menjalankan programnya untuk tujuan apa saja (kebebasan 0).

2. Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda (kebebasan 1). Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat.

3. Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu sesama anda (kebebasan 2).

4. Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dan dapat menyebarkannya ke khalayak umum sehingga semua menikmati keuntungannya (kebebasan 3). Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat juga.

4. Pengertian FreeRadius.

RADIUS atau Remote Authentication Dial-In User Service merupakan sebuah protocol yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan Authentication (pembuktian keaslian), Authorize (otoritas/pemberian hak) dan Accounting (akutansi) (AAA) untuk meremote para pengguna atau user yang ingin mengakses suatu sistem atau layanan dari pusat server jaringan komputer (C. Rigney, S. Willens, A. Rubens and W. Simpson, 2001).

Sedangkan FreeRADIUS merupana protokol server RADIUS yang termasuk dalam OSS (Open Source Software).

5. Pengertian Chillispot.

Chillispot adalah software pengontrol Wireless Acces Point. Chillispot digunakan sebagai autentifikasi user pada Wireless LAN dengan dukungan sistem Log In berbasis web sebagai standar pembangunan Hotspot saat ini.


6. Pengertian Billing.

Menurut Situs Wikipedia, Billing berasal dari bahasa Inggris yaitu bill (noun), yang artinya bukti transaksi pembayaran. Maka billing (adv) dapat juga diartikan mengirimkan bukti transaksi, atau mengumumkan bukti transaksi

7. Pengertian Sistem (System).

Menurut Situs Wikipedia, Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak (Manetsch dan Park, 1979 dalam Eriyatno, 1999).

8. Pengertian Billing System (Sistem Billing)

Menurut Situs Wikipedia, Sistem billing merupakan sistem yang membantu para usahawan untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi. Contohnya bagi pengusaha warung internet, billing sistem digunakan untuk memonitor penggunaan dan pemasukan warnetnya. Sedangkan jika bagi usahawan di bidang perumahsakitan sistem billing digunakan untuk mencatat proses pelayanan, mulai pasien datang sampai dengan pasien pulang. Menghitung biaya yang harus dibayar pasien secara otomatis, serta memberikan informasi sebagai analisa pengambilan keputusan secara cepat dan akurat.

0 komentar: